Kamis, 02 Oktober 2014

DEFINISI INTERNET DAN INTERNET DIBIDANG PSIKOLOGI

DEFINISI INTERNET DAN INTERNET DIBIDANG PSIKOLOGI

Internet menurut saya adalah jaringan komputer diseluruh dunia yang saling terhubung satu sama lain yang mencakup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun telekomunikasi. sehingga pada zaman ini internet sangat di agung- agungkan karena fungsinya yang sangat amat banyak untuk manusia. contohnya untuk berkomunikasi dahulu sebelum internet ini ada walaupun ada hanya sebagian saja yang tahu berkomunikasi itu hanya menggunakan surat sekarang kita bisa chatting , skype tanpa ada ruang batas meskipun seseorang itu ada di luar negeri. internet juga bisa sebagai media informasi zaman dahulu kita mendengarkan informasi mungkin hanya dari surat kabar yang beredar seminggu sekali atau radio dan televisi tapi sekarang karena adanya internet informasi sangat cepat sepeti detik.com atau situs - situs web yag lain updatenya sangat cepat. kemudian kalau kita ingin pergi kita tidak tahu jalan internet menolong dengan adanya GPS. mau shoping males ke mall sudah ada web yang menawarkan jasa jual beli barang dari yang second sampai baru.yaa bisa dibilang apapun ada di Internet jadi wajar saja internet merupakan kebutuhan nomer 1 bagi kehidupan manusia pada zaman sekarang.

dari sekian banyak keuntungan dan manfaat dari Internet itu sendiri pasti ada kerugian juga. pertama manusia jadi Anti Sosial mereka sibuk dengan gadget mereka sendiri tidak ada lagi interaksi sosial.  pernah suatu ketika saya makan  di resto saya melihat sekeluarga dengan ayah ibu dan 2 orang anak saya perhatikan dari awal sampai makanan datang sampai selesai keluarga tersebut tidak ada interaksinya mereka hanya sibuk dengan gadget- gadget mereka bahkan satu orang mempunyai 2 Handphone. saya berpikir buat apa mereka makan bareng dan keluar bersama kalau buktinya mereka hanya diam saja. yang kedua banyak situs- situs yang tidak layak untuk anak di bawah umur dan pengaruh - pengaruh asing yang masuk dalam kebudayaan kita.

Contoh Internet di bidang Psikologi
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menyediakan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi. Itulah yang disebut dengan E-counseling atau e-mail counseling. Pertama-tama terapis mengumpulkan data yang terkait masalah kliennya. Hingga akhirnya sepakat untuk bertemu secara langssung (face to face) untuk melakukan terapi lebih lanjut.

 SPSS adalah salah satu program untuk pengolahan data statistik yang penggunaannya cukup mudah. SPSS merupakan singkatan dari Statistical Product and Serrvice  Solution. Program ini dibuat untuk membantu pengolahan data statistik yang bersifat kuantitatif. Dalam suatu penelitian akan dibutuhkan banyak responden yang akan mempunyai hasil yang banyak pula. Maka SPSS diciptakan untuk membantu jika data yang akan diolah tidak memungkinkan diolah secara manual. SPSS juga telah digunakan di perguruan tinggi untuk menunjang pendidikan terutama ilmu statistika.

Sumber :
http://agnesdevia.wordpress.com/2012/11/29/penggunaan-teknologi-internet-dalam-bidang-ilmu-psikologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar