Rabu, 19 Maret 2014



Panda merupakan salah satu hewan yang sangat menggemaskan sehingga banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Panda atau dalam bahasa latin disebut  ailuropodamelanoleuca adalah jenis hewan mamalia yang termasuk dalam keluarga beruang. Hewan ini merupakan hewan endemik di negara china. Panda ini mempunyai habitat asli di kawasan hutan bambu yang ada di china.

Meskipun panda termasuk jenis hewan karnivora, namun makanan favorit panda  adalah pohon bambu, walaupun terkadang panda juga memakan serangga dan juga telur sebagai sumber protein bagi panda. Panda memiliki bentuk tubuh menyerupai beruang dengan bulu berwarna putih dan juga hitam yang menyelimuti seluruh bagian tubuhnya. Panda juga memiliki enam buah jari dengan cakar yang cukup tajam di jari-jari tersebut. Sebenarnya panda hanya memiliki lima buah jari dan satu buahperpanjangan tulang pergelangan yang ber bentuk menyerupai jari yanag berfungsi untuk memudahkan panda saat memegang makanan terutama saat memegang bambu. Selain itu, panda juga memiliki rahang yang sangat kuat dan juga gigi yang sangat besar dimana hak tersebut sangat membantu panda saat mengunyah makanan yang sangat keras seperti batang bambu.


Panda biasanya menandai daerah kekuasaanya dengan aroma khas yang dimiliki oleh masing-masing panda. Selain itu panda juga menandai batas kekuasaanya dengan menandai pohon yang ada di sekitar wilayahnya dengan urin. Ada hal yang unik saat panda meberikan batas kekuasaan pada pohon. Panda biasanya akan melakukan berdiri dengan cara  terbalik dipohon yang akan ditandainya, panda melakukan hal tersebut dengan cara berdiri menggunakan kedua tangannya dan juga kaki berada diatas sambil bersandar pada pohon dan mengeluarkan urin.


Hal ini dilakukan untuk menempetkan tanda  yang cukup tinggi di bagian pohon. Kawanan panda biasanya akan bereproduksi hanya satu tahun sekali yaitu pada saat musim semi dalam rentang waktu antara satu sampai tiga hari saja. Saat melahirkan, dari beberapa bayi yang lahir rata-rata hanya satu yang dapat bertahan hidup. Hal inilah yang menjadi penyebab pertumbuhan panda di dunia sangat lambat sehingga terancam punah karena induk panda dapat hamil dan melahirkan kembali pada musim semi berikutnya. Pembukaan lahan yang belakangan ini terjadi juga mengakibatkan habitat asli panda semakin berkurang yang membuat panda akan semakin sulit bertahan hidup
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar